Donat Kulit Pisang, Makanan Berkalsium Tinggi

Donat kulit pisang? Mungkin kawan-kawan akan mengernyitkan dahi saat mendengar jenis kuliner ini. Apakah ini jenis modifikasi makanan yang membahayakan kesehatan tubuh seperti halnya beras sintetis yang kini tengah marak diperbincangkan? Ternyata bukan. Donat kulit pisang justru merupakan alternatif cemilan sehat hasil dari penelitian yang dikembangkan oleh Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor pada tahun 2014 lalu.



Latar belakang munculnya ide modifikasi donat ini adalah: pemanfaatan kulit pisang sebagai limbah organik yang dicoba untuk dimanfaatkan secara nyata sehinggga diharapkan memiliki nilai jual. Kulit pisang ternyata memiliki kandungan zat gizi yang cukup tinggi terutama pada vitamin dan mineralnya.

Berikut ini kandungan di dalam kulit pisang: air 68,9 g, KH 18,5 g, Protein 0,32 g, Lemak2,11 g, kalsium 715 mg, Fosfor 117 mg, besi 1,6 mg, vitamin B 0,12 mg, dan vitamin C 17,5 mg (sumber: Balai Penelitian dan Pengembangan Industri, tahun 1982.

Kandungan kalsium pada kulit pisang ternyata cukup tinggi. Kulit pisang juga ternyata mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging buahnya. Seperti yang kita ketahui, bahan makanan dengan kandungan kalsium tinggi umumnya relatif mahal harganya. Karena itu, diharapkan makanan berbahan dasar kulit pisang ini dapat menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan makanan tinggi kandungan kalsium dengan harga terjangkau.

Bagaimana cara pembuatan donat kulit pisang? Berikut ini prosesnya:

1.Bersihkan kulit pisang, cuci hingga bersih

2.Rebus kulit pisang hingga lembek

3.Blender kulit pisang hingga hancur

4.Campurkan tepung terigu dan kulit pisang yang telah diblender dengan perbandingan 1:2 (1 bagian tepung terigu, 2 bagian kulit pisang blender)

5.Tambahkan gula, margarin, kuning telur dan ragi pengembang kue, uleni hingga menjadi adonan yang kalis

6.Diamkan 20 menit, tutupi dengan kain bersih

7.Setelah itu bagi rata adonan dan bentuk menjadi donat

8.Diamkan beberapa saat, lalu goring dengan api kecil hingga matang (kuning kecoklatan)

9.Dinginkan, beri taburan gula halus dan donatpun siap disantap.

Cukup sederhana bukan proses pembuatannya? Donat kulit pisang merupakan cemilan yang bermanfaat terutama untuk anak-anak yang dalam pertumbuhannya membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain meyehatkan, cemilan ini juga membantu mengurangi limbah rumah tangga. Donat kulit pisang adalah alternatif makanan ramah linkungan yang menyehatkan karena tinggi kandungan kalsium.

Tertarik mempraktekan resep ini segera? Selamat mencoba.

Related Posts:

0 Response to "Donat Kulit Pisang, Makanan Berkalsium Tinggi"

Posting Komentar