Begini Caranya Membuat Kismis, Cemilan Enak dan Bergizi

Siapa yang tak suka legitnya kismis?? 
Makanan manis yang terbuat dari anggur pilihan ini memang menjadi camilan sehat favorit banyak orang. Kismis kaya akan kalori, serat, antioksidan dan mineral yang baik untuk kesehatan. Berbagai penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi kismis dapat membantu menjaga kesehatan gigi, mencegah penyakit jantung dan membersihkan usus.


Anda pun dapat membuat sendiri kismis dengan mengeringkan anggur pilihan, dan ikuti cara-cara berikut:
  1. Pilihlah buah anggur yang masih segar dan matang, lalu masukkan ke dalam lemari khusus pengering, biasanya dibuat dari kayu yang diberi formika yang ukurannnya sekitar 60 x 90 cm dan tinggi tepinya sekitar 5 cm.
  2. Simpan lemari itu di tempat yang terkena sinar matahari selama beberapa minggu, lalu ikatan-ikatan anggur itu dibalik sebanyak 2 sampai 3 kali.
  3. Pindahkan ke tempat yang teduh dan biarkan selama 10 hari sampai kering. Untuk mengetahui bahwa anggur telah benar-benar kering, bisa dilihat dengan cara menekannya, jika tidak ada lagi cairan yang keluar maka berarti anggur tersebut sudah kering.
  4. Pisahkan anggur dari tandannya, lalu masukkan ke dalam kantong atau wadah.
  5. Bisa juga mempersingkat waktu pengeringan, yaitu dengan mencelupkan anggur ke dalam cairan soda kostik yang panas dengan konsentrasi 0,5%, sebelum dikeringkan lalu dicuci dengan air.

Anda bisa juga mempercepat proses pengeringan ini dengan cara menjemur anggur di bawah terik matahari dan tidak perlu disimpan di tempat yang teduh, tetapi kismis ini akan terlihat gelap nantinya. Memang agak rumit, namun tak ada salahnya mencoba demi mendapatkan camilan sehat terbaik untuk keluarga.


Related Posts:

0 Response to "Begini Caranya Membuat Kismis, Cemilan Enak dan Bergizi"

Posting Komentar